Rabu, 24 Juli 2013


 Tentang Didgeridoos (RiDU2)

Didgeridoo pada  zaman modern ini telah banyak versi loh  salah satunya  versi kontemporer dari instrumen woodwind tradisional yang digunakan oleh masyarakat adat Utara Australia. yaitu instrumen dalam bentuk tabung berongga yang dapat menghasilkan suara dengung melalui getaran dari bibir seseorang di ujung corong.

Didgeridoos dengan  bentuk dan ukuran dan yang paling luas dikategorikan sebagai tradisional atau non-tradisional.

Didgeridoos tradisional yang sebenarnya  tidak  disebut 'didgeridoos' tapi  disebut dengan nama tradisional mereka seperti yidaki, di Timur Arnhemland, dan mago, di West Arnhemland. Mereka dimainkan oleh orang-orang pribumi dalam upacara dan untuk acara-acara sosial dan rekreasi lainnya.

Pembuatan dan memainkan didgeridoos itu  adalah bagian yang sangat penting dari budaya Aborigin dan upacara dan masyarakat adat  kustodian tradisional.

Instrumen ini biasanya dibuat dari beberapa jenis batang pohon eucalyptus yang telah alami dilubangi oleh rayap gitu . Pohon hidup yang sesuai dipilih oleh pengrajin master yang dapat mengidentifikasi apakah pohon itu berlubang sebelum dipotong. Setelah pohon ditebang, diambil kembali , sebelum dilucuti dari kulit kayu dan dibentuk menjadi alat musik tradisional. Selama proses ini , kelebihan lapisan kayu sering dihapus untuk mengurangi ketebalan dinding instrumen dan juga untuk  membersihkan dari lubang jika diperlukan.

Corong juga mungkin memerlukan penambahan lilin lebah jika dimensi alam terlalu lebar untuk bermain dengan nyaman. Instrumen tersebut kemudian disegel dan biasanya dicat dengan desain dan citra simbolik kepada pembuat tradisional.

Untuk informasi lebih lanjut tentang didgeridoos tradisional,liat aja ya seperti yang ini   Mulka Art Centre Buku-Larrngay, di Timur Arnhemland, atau Australia situs web ididj.

Didgeridoos non-tradisional, di sisi lain, yang dibuat oleh orang-orang dari seluruh dunia menggunakan segala macam teknik fabrikasi. Mereka biasanya antara 1m dan 3m panjang dengan lubang dari 25mm ke 50mm, dan dapat dibuat dari berbagai bahan alami dan buatan manusia yang berbeda.

Sebuah pemahaman baru dan apresiasi budaya adat dan penyebaran informasi tentang instrumen telah menyebabkan lonjakan popularitas didgeridoo. Juga, kemampuannya untuk dimainkan tanpa perlu belajar teori musik resmi telah lebih jauh menyebabkan daya tarik secara luas hehe . Seruan ini telah menyebabkan budaya muncul bermain didgeridoo kontemporer jugaa .

Bagaimana didgeridoodimaininnya

Secara teoritis, didgeridoo diklasifikasikan sebagai 'lip-buluh telepon udara'hah apa itu??. Ini adalah instrumen yang menggunakan bergetar bibir menyebabkan kolom udara dalam instrumen bergetar dan menghasilkan suara.

The unik 'drone' suara didgeridoo diciptakan dari getaran terus menerus dari bibir di corong telepon. Sebagai bibir bergetar, udara bergantian diblokir dan dirilis, menyebabkan pulsa udara, atau gelombang suara, untuk perjalanan naik dan turun didgeridoo pada frekuensi tertentu dan menghasilkan suara dengung waahh keren kan .

Kolom udara dalam didgeridoo menentukan frekuensi gelombang suara di didgeridoo, yang pada gilirannya menentukan nada dengung.

Dalam instrumen woodwind, kolom ini udara terus-menerus dipersingkat atau diperpanjang menggunakan lubang jari atau kunci, lapangan begitu berbeda, atau catatan, diproduksi. Dalam didgeridoos, kolom ini udara tidak dapat disesuaikan, sehingga lapangan yang tidak dapat diubah. Oleh karena itu, didgeridoos datang dalam satu tombol hanya umumnya dari C rendah ke tinggi F.Therefore, suara dari didgeridoo tidak dibuat dengan memanipulasi tubuh instrumen, tetapi dengan memanipulasi gelombang suara yang masuk instrumen pada akhir corong.

Pemain Didgeridoo mempekerjakan banyak teknik menggunakan bibir mereka, pipi, lidah, rahang, paru-paru, diafragma dan pita suara, untuk melakukan hal ini. Ini menghasilkan berbagai suara yang kemudian dibawa oleh didgeridoo mataff kan .



Suara didgeridoo tidak dapat diubah dengan menggunakan lubang kunci, seperti pada klarinet. Oleh karena itu, semua tiupan  harus dilakukan pada akhir corong.

Seperti instrumen lain yang memainkan satu catatan mendasar saja, didgeridoo digunakan untuk memutar irama, daripada melodi.

Seorang pemain didgeridoo dapat menghasilkan berbagai suara yang berbeda yang variasi didgeridoo itu. Suara dapat ditekankan, melunak, diasah dan diberi karakter dan warna dalam berbagai cara. Ketika digabungkan untuk menciptakan pola suara, mereka menghasilkan irama yang merupakan dasar untuk bermain.didgeridoo

Teknik-teknik untuk membuat suara-suara yang berbeda dijelaskan lebih lanjut di situs web www.howtoplaydidgeridoo.com. Teknik ini dapat digunakan dalam segala macam cara untuk menciptakan berbagai tak terbatas didgeridoo irama. Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana teknik ini bekerja, Anda akan memiliki rentang gratis untuk mulai membuat irama unik Anda sendiri!asyiikkk

Untuk informasi lebih lanjut tentang ilmu di balik didgeridoo, coba aja  studi komprehensif tentang didgeridoo akustik oleh departemen Akustik Musik dari University of New South Wales.

sumber: www.howtoplaydidgeridoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar